Inilah 3 Pantai Berbahaya di Kabupaten Malang

Pesisir selatan Kabupaten Malang menawarkan sejumlah pantai yang indah untuk dikunjungi.

Selain Pantai Balekambang yang sudah terkenal, setidaknya ada tujuh pantai menawan yang sedang “booming”. Pantai-pantai tersebut adalah Pantai Ungapan, Bajulmati, Jalangkung, Karangdowo, Bengkung, Ngudel dan Ngantep.

Namun di balik keindahannya, pantai-pantai ini juga menyimpan potensi bahaya. Banyak wisatawan yang menjadi korban ombak dan arus bawah yang tersembunyi.

Mantan Kepala Unit Polisi Air Polres Malang yang kini menjadi Kabag Sumda Polres Malang, AKP Nyoto Gelar mengidentifikasi tiga pantai paling berbahaya di Malang Selatan.

“Dua setengah tahun saya bertugas sebagai Kanit Polair. Saya mencermati pantai-pantai yang sering memakan korban wisatawan,” tutur Nyoto, saat berbincang dengan Surya Malang.

Tiga pantai paling berbahaya tersebut adalah:

1. Pantai Bajulmati, di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan.
Pantai ini dianggap paling berbahaya. Menurut Nyoto, ombak di pantai ini tidak terduga. Selain itu, ada palung di dekat pantai, serta pusaran ombak di bawah batu karang.

2. Pantai Ngantep, di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan.
Pantai Ngantep mempunyai ombak yang relatif tenang, namun ada arus bawah yang sangat kencang. Arus bawah inilah yang sering menyeret korban. Ada tiga arus di Pantai Ngantep.

Arus pertama ke arah timur. Arus ini akan membawa orang yang hanyut ke arah pantai. Biasanya korban akan selamat jika terbawa arus timur.

Kedua, arus ke arah barat. Arus ini yang sering memakan korban wisatawan. Sebab arus ini akan membawa korban yang hanyut ke arah palung, sehingga sulit menyelamatkan diri.

Arus ketiga mengarah lurus. Jika terseret arus tengah, Nyoto menyebut masih ada kemungkinan selamat 50 persen. “Yang tengah ini kadang terseret ke palung, kadang terdampar ke pantai,” ungkap Nyoto.

3. Pantai Batu Bengkung, di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan.
Nyoto menyebut, karakteristik ombak di Pantai Batu Bengkung mirip ombak di Pantai Ngliyep, Desa Kedungsalam, Donomulyo. Ombaknya sangat tinggi bisa mencapai enam hingga tujuh meter.

Ombak yang tinggi ini yang harus diwaspadai. Sebab ombak setinggi ini kadang bisa menjangkau tebing yang biasa digunakan wisatawan menikmati pemandangan.

Jika berwisata ke pantai selatan Kabupaten Malang, jangan pernah meremehkan situasai. Seringkali kecelakaan terjadi, karena wisatawan mengabaikan peringatan bahaya. Misalnya larangan berenang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s