Sate Kambing Mesir di Kota Batu

Terminal Arjosari – MENIKMATI sate kambing, itu sudah biasa. Tapi menu sate kambing di Warung Mesir pantas dicoba. Warung yang berada di Jalan Diponegoro, Kota Batu ini mengandalkan Sate Kambing Mesir sebagai menu favoritnya.
Haidar Ghatan Thalib, salah satu pemilik Warung Makan Mesir mengatakan, jika Sate Kambing Mesir ini sudah ada sejak warung ini berdiri 1976. Bahkan, Sate Kambing Mesir ini juga yang membuat Warung Makan Mesir menjadi besar dan terkenal hingga saat ini.

Menu favorit ya sate kambing,” katanya.
Haidar sendiri mengaku tidak tahu kenapa Sate Kambing Mesir menjadi favorit. Tapi yang jelas, daging kambing yang digunakan untuk Sate Kambing Mesir bukanlah daging biasa. Daging yang digunakan adalah daging pilihan, dari kambing yang disembelih.
“Dagingnya adalah daging paling halus dari badan kambing. Makanya empuk, sehingga siapapun bisa memakannya,” kata Haidar.
Selain daging kambing pilihan, bumbu sate yang digunakan pun bukan bumbu sembarangan. Selain menggunakan rempah tradisional, untuk bumbu sate juga menggunakan rempah dari Arab. Lantaran itulah yang membuat Sate Kambing ini memiliki rasa lain dari pada yang lain.
“Kalau disuruh membandingkan saya tidak tahu, karena saya belum mencoba sate selain di sini. Tapi dari dagingnya yang empuk dan rasa gurih serta manisnya daging kambing ini, saya bisa memastikan Sate Kambing Mesir paling enak rasanya,” ujarnya.
Haidar mengatakan, daging kambing untuk Sate Mesir ini diperoleh dari kambing yang disembelih sendiri. Para pekerja kemudian dengan cepat memilih dan memilah daging. Karena dari satu ekor kambing, tidak semua dagingnya digunakan untuk sate. Daging pilihan itupun dipotong-potong sesuai ukuran.
Selanjutnya karyawan lain menusuk daging dengan tusukan sate. Setelah siap, sate pun dibakar.
Di atas arang bau harum sate pun dapat dicium. Bahkan aromanya yang khas membuat orang yang ada disekitar merasa keroncongan hanya mencium aromanya saja.
Proses membakar tidak terlalu lama. Ya itu karena daging yang digunakan adalah daging pilihan.
Bumbu kacang yang diaduk dengan kecap, dan diberi bawang menjadi pelengkap menu Sate Kambing Mesir.
“Kalau bentuknya sama seperti sate kambing pada umumnya. Tapi rasanya sangat luar biasa,” kata pria 53 tahun ini.
Karena rasanya yang nikmat, tidak kurang dari 600 tusuk dipesan pelanggan setiap harinya. Terlebih saat hari libur, sate kambing yang dipesan bisa mencapai 900 tusuk. Tidak terkecuali saat musim libur lebaran ini, pelanggan yang datang  umumnya memesan sate kambing. “Sebetulnya kami menyediakan berbagai menu. Mulai menu daging kambing, menu daging ayam, dan menu daging sapi. Pelanggan bisa memilih, tentu saja rasanya nikmat,” kata Haidar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s