9 Mahasiswa UNMER Malang OJT di Jepang

Universitas Merdeka Malang (Unmer) berencana mengirim mahasiswanya ke Jepang untuk menjalankan On Job Training (OJT). Rencananya, pelaksanaan OJT yang akan dilakukan pada bulan Juni mendatang ini, akan ada 9 mahasiswa dari jurusan Perhotelan untuk dikirim ke Jepang. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman baru untuk mengenal  bahasa dan kebudayaan khusunya Jepang.

Dr. Hj. Kun Aniroh M. Gunadi, SST. Par. MM selaku Direktur Program D4 Pariwisata Universitas Merdeka Malang menyebutkan jika nantinya mahasiswa akan diberikan beberapa pengajaran di antaranya seperti sikap dan tingkah laku saat berhadapan dengan orang lain. Apalagi di negara Jepang terkenal dengan kedisiplinan yang sangat tinggi. Ia mengutarakan jika gaya hidup orang Jepang sopan santunnya masih melekat dan sangat kental sekali. Misalnya ketika mengobrol dengan orang lain, biasanya orang-orang kita sambil memegang handphone. Padahal itu sangat tidak sopan, tapi kita tidak pernah menyadari akan hal itu.

UNMER Malang
UNMER Malang

Antonius Bayu Kartiko, salah seorang mahasiswa yang akan diberangkatkan ke Jepang mengatakan jika program ini diadakan bagi mahasiswa semester lima dan enam jurusan perhotelan. Kami merupakan angkatan pertama yang akan diberangkatkan ke Jepang. Ia menyebutkan jika program OJT ini memang diperuntukan bagi jurusan D-IV perhotelan dan D-III perhotelan. Ada beberapa persiapan sebelum berangkat ke Jepang, yaitu mahasiswa perlu menempuh pendidikan bahasa Jepang selama 4 bulan, kemudian menempuh pendidikan lagi OJT selama 5 bulan di Malang, selanjutnya interview langsung dengan user dari Jepang.

Sementara itu, mahasiswa Unmer Malang Jeni Ekarini menerangkan, “Jadwal pemberangkatan ke Jepang pada akhir Juni 2015. Satu minggu sebelum tanggal 1 itu dipastikan sudah berangkat dengan melengkapi data-data untuk pemberangkatan, dan medical check up. Kami disana akan menempuh pendidikan dan kerja selama 1 tahun. Pada tanggal 1 Juli sampai 31 Juni 2016 merupakan jadwal kerja di Jepang”. Selama menempuh pendidikan di sana, mereka akan terus belajar bahasa Jepang dengan baik. Sebab, ada bahasa Jepang nasional serta Jepang daerah, sedangkan mereka hanya belajar bahasa Jepang nasional. Selain itu, disana mereka juga akan mempelajari bagaimana cara minum teh dengan cara benar, serta memakai baju kimono saat melakukan pekerjaan dan mengetahui gaya hidup orang Jepang. Jeni menambahkan jika gaya hidup orang Jepang sangat kental dengan kedisiplinan, misalnya saja tidak diperbolehkan bermain handphone saat sedang bekerja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s