Penyandang Difabel Kini bisa memiliki SIM D

Satuan Lalu Lintas Polres Malang Kota telah memfasilitasi penyandang difabel khususnya warga Kota Malang untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi  D (untuk mengemudikan kendaraan khusus bagi penyandang cacat), Ngalamers.

Hal ini terjadi usai pada Rabu (7/10/2015), Satlantas Polres Malang Kota mengundang masyarakat difabel se-Malang Raya yang tergabung dalam Disable Motor Indonesia (DMI) untuk menjalani tes SIM D.

SIM Khusus Penyandang Difabel
SIM Khusus Penyandang Difabel


Program peduli difabel dimaksudkan untuk membantu warga berkebutuhan khusus dalam berkendara. “Karena semua orang punya hak sama, nanti kami lakukan tes bersama di YPAC. Tesnya sama seperti tes SIM pada umumnya. Peserta menjalani tes teori dan praktik dengan motor roda tiga,” ujar Kasatlantas Polres Malang Kota, Kompol David Triyo.

Dengan adanya SIM D, kata David, diharapkan pengendara merasa aman dan bisa klaim asuransi. “Mereka bisa mobilitas ke manapun, tapi harus tetap mengikuti rambu,” jelasnya. Tes tahap pertama dilakukan Kamis (8/10/2015) di YPAC Kota Malang disambut antusias anggota DMI.

Sementara itu Kapolres Malang Kota, AKBP Singgamata seperti dilansir Kriminalitas.com mengatakan, pihaknya juga sedang berupaya memfasilitasi penyandang tuna daksa atau yang belum bisa membaca, Ngalamers.  “Kami sedang jajaki bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk pelatihan singkatnya. Tes SIM D untuk warga difabel ini akan berkelanjutan,” pungkas Singgamata.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s